Beranda | Artikel
Bahaya Dosa dan Maksiat
Kamis, 3 Desember 2015

Syaikh Abdul Karim al-Khudhair hafizhahullah berkata :

Sesungguhnya seorang bisa jadi terhalang dari rizki disebabkan dosa, yaitu dosa-dosa merupakan sebab terjadinya segala musibah dan bencana. Ia merupakan sebab terhalang dari rizki baik yang berkaitan dengan individu maupun masyarakat.

Kalau lah bukan karena maaf dari Allah jalla wa ‘ala dan kelembutan-Nya kepada hamba-hamba-Nya niscaya Allah tidak akan menunda-nunda atas mereka siksaan sementara mereka selalu berbuat durhaka kepada-Nya siang dan malam.

alone2102

Oleh sebab itu, Allah berfirman (yang artinya), “Maka hal itu disebabkan karena ulah tangan-tangan kalian dan Allah memaafkan banyak kesalahan.” (Asy-Syura : 30)

Dan Allah juga berfirman (yang artinya), “Seandainya Allah mau untuk menyiksa manusia akibat dosa-dosa yang mereka kerjakan maka niscaya Allah tidak akan menyisakan satu pun binatang melata di atas muka bumi ini.” (Fathir : 45)

Allah subhanahu wa ta’ala cemburu tatkala perkara-perkara yang diharamkan oleh-Nya justru diterjang oleh manusia. Masalahnya adalah -sebagaimana bisa anda lihat dan saksikan sendiri- begitu banyak maksiat/perbuatan keji.

Tatkala kekejian dan maksiat begitu tampak dan merajalela di tengah-tengah masyarakat Islam. Walaupun di sana banyak dijumpai orang-orang yang baik, yang salih, dan juga banyak ahli ibadah dan zuhud. Akan tetapi di saat yang sama kemaksiatan juga begitu banyak.

Disebutkan dalam hadits yang sahih, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya, “Apakah kami akan binasa sementara diantara kami banyak orang salih?” maka beliau menjawab, “Iya, apabila perbuatan maksiat telah merajalela.” (HR. Muslim)

Ini menunjukkan bahwa kita sedang berada di dalam bahaya yang sangat besar. Oleh sebab itu wajib atas kita untuk kembali memeriksa keadaan diri kita, keadaan orang-orang yang berada di bawah tanggungan dan kekuasaan kita, dan siapa saja yang kita bisa berperan untuk memberi manfaat kebaikan kepadanya di antara kaum muslimin. Wallahul musta’aan.

Sumber : Durar al-Fawa’id, oleh Syaikh Abdul Karim al-Khudhair, bagian 1.9

Unduh teks berbahasa arab di sini [klik]


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/bahaya-dosa-dan-maksiat/